UNKL 347 : “Based On a True Story” with Arifin Windarman (The Founder)

“Kalau ingin memulai sesuatu, jangan jadi follower. Kalaupun jadi follower, buatlah perbedaan dengan leader lo. Karena ketika brand lo menjadi besar, lo akan menjadi lebih baik dari leader lo sebelumnya.”

Siapa sih yang ga tau brand clothing UNKL 347 ? Brand yang berasal dari Kota Bandung ini telah berdiri sejak tahun 1996, jadi kira-kira umur brand ini sudah menginjak usia 21 tahun ! Tentunya banyak pengalaman jatuh bangun yang dirasakan tim UNKL 347 selama 21 tahun berkarya di dunia kreatif industri. ICR Journal mencoba untuk mengulik The True Story Bhind UNKL 347 dari perspektif salah satu foundernya.

Arifin Windarman (a.k.a Kang Ipin) sendiri mengatakan bahwa dirinya dan kawan-kawannya di tahap awal tidak sengaja masuk ke dunia bisnis. Kala itu, sekitar tahun 1996, brand-brand clothing cukup mahal sehingga Kang Ipin dan teman-temannya yang merupakan anak-anak desain mencoba untuk membuat desain pakaian mereka sendiri. Lucunya, ketika mereka pakai ke kampus, banyak teman-teman penasaran dan bertanya-tanya dari mana mereka membeli pakaian-pakaian tersebut. Dari situlah Arifin dan kawan-kawannya memulai bisnis clothing kecil-kecilan.

Masa emas pertama usahanya ini adalah pada tahun 1998. Ketika krisis moneter membawa banyak kerugian bagi banyak pihak, lain halnya dengan Unkl347 yang justru kecipratan untung. Pasalnya, harga pakaian merk-merk asing meningkat tajam sehingga masyarakat pada masa itu beralih ke produk lokal. Penasaran bagaiman cerita di balik UNKL 347 ?

Simak obrolan lengkap kami di link berikut ini : https://www.youtube.com/channel/UCN4IlH86FvQSPp6evFTEjxw

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *